Tips Diterima di Perguruan TInggi yang Anda Inginkan

Nah, pada posting kali ini saya terpikir untuk sekedar berbagi pengalaman waktu masih SMA. Ya, masa-masa SMA memang penuh dengan warna dan tensi termasuk ketika kita semua berbondong-bondong berupaya untuk bagaimana caranya agar dapat diterima di Perguruan Tinggi yang kita inginkan, baik PTN maupun PTS. Saya ingin membagi beberapa tips (setidaknya yang saya lakukan dan yang saya alami) pada saat duduk di kelas 3 SMA.Nah, seperti yang kita ketahui, jalan masuk SMA ya cuma ada dua pada dasarnya yaitu berdasarkan hasil tes akademis dan berdasarkan hasil ujian saringan (setidaknya ini berlaku pada masa saya). Berikut tips-tips ala saya:

Usahakan nilai mata pelajaran sakti jurusan (contohnya untuk IPA: matematika, fisika, kimia, biologi) selalu konsisten.
Kenapa? Karena bila anda ingin masuk perguruan tinggi melalui jalur akademis (PMDK, Penelusuran Minat dan Kemampuan), para tim assesor akan memperhatikan progres dari nilai-nilai kamu di rapot. Bukan tinggi rendahnya nilai kamu di rapot, tapi PROGRES. Artinya, usahakan untuk mata pelajaran sakti kamu, nilai-nilainya dari Kelas 1 sampai Kelas 3 Semester 1 konstan atau bahkan meningkat. 
Contoh:
nilai matematika kamu: 65 (Kelas 1, sebelum penjurusan), 75 (Kelas 1, sebelum penjurusan),70 (Kelas 2), 85 (Kelas 2), 80 (Kelas 3 semester 1). Nilai matematika yang kamu dapatkan tidak stabil dan cenderung fluktuatif. Tim asesor lebih menyukai nilai yang mengalami grafik naik meskipun nilainya pas-pasan.
Untuk yang ini saya telah membuktikannya, saya lulus di Jurusan Matematika IPB tanpa tes (meskipun tidak jadi diambil karena ayah saya tidak setuju..T_T).

Perbanyak Sertifikat yang berhubungan dengan kegiatan Akademis
Untuk kamu-kamu yang berniat mengikuti jalur PMDK, hal ini terasa kecil namun menentukan. Dengan banyaknya sertifikat kegiatan berbau akademis yang kamu miliki, tim assesor dapat menilai bahwa kamu adalah siswa yang aktif dan memiliki gairah belajar yang tinggi (setidaknya itu yang mereka pikirkan...hehehe). So, perbanyaklah mengikuti kegiatan seperti olimpiade sains, matematika,dll. Meskipun tidak menang, partisipasi kamu dianggap sebagai nilai lebih dalam keaktifan. Kasus terbaiknya adalah kamu berpeluang mendapatkan beasiswa bila diterima sebagai mahasiswa melalui jalur PMDK ini. Saya telah membuktikannya.

Sering-sering Latihan Soal
Ini berguna banget buat yan mau persiapan menghadapi SNMPTN. Dengan latihan soal dengan porsi yang cukup banyak tiap harinya akan melatih pola pikir kamu untuk memecahkan masalah dengan cepat dan tepat. Percaya atau tidak itu benar-benar berhasil. Kenapa? Karena tipe soal SNMPTN bukanlah tipe soal hapalan. Soal SNMPTN jauh lebih sulit daripada soal Ujian Nasional karena soal SNMPTN menuntut jalan pikir atau logika dari si peserta sehingga soal-soalnya jauh lebih 'cerdas'. Dengan latihan soal yang sering, kamu bakal familiar dengan tipikal soal-soal yang biasa keluar di SNMPTN

Ikuti Les Bila Perlu
Kalau kamu punya biaya lebih kamu bisa ikutan bimbingan belajar atau les privat yang membantu kamu untuk memahami materi dan mendapatkan tipe soal yang bervariasi. Pilihlah tempat les yang nyaman dan tidak terlalu penuh. Ingat! tempat les atau bimbingan belajar yang jor-joran membuka paket dengan jaminan uang kembali tidak akan menolong anda pada SNMPTN. Pilihlah lembaga bimbingan belajar yang hanya mengakomodasi paling banyak 8 murid/guru. Percaya atau tidak itu mempengaruhi kecepatan daya tangkap materi pelajaran yang akan diujiankan. Jangan memilih bimbel berdasarkan nama besar tapi kualitas pelayanan yang mereka berikan. Tanyalah teman dan saudara anda mengenai tempat bimbingan belajar yang mereka rekomendasikan. Les privat pun dapat menjadi alternatif jika kamu memang menginginkan tingkat konsentrasi belajar yang tinggi.

Ikuti Forum-Forum Akademis
Mungkin ini jarang  dilakukan tapi ini membantu. Dengan mengikuti forum-forum, kamu bisa bertukar pikiran, tips, dan bahkan mendapatkan soal-soal prediksi. Ini lumayan untuk memperkaya perbendaharaan latihan soal yang kamu miliki. Selain itu, bila anda menemui kesulitan dalam suatu materi, kamu dapat mempostingnya dan mendapatkan balasan cara mengerjakan soal-soal secara GRATIS

Pasang Strategi
Idealnya, kamu sudah harus menentukan jurusan apa yang anda ingin masuki sejak kamu duduk di kelas 2. Dengan begitu, kamu akan fokus pada impian dan berusaha untuk meraihnya. Selain itu, usahakan jangan memilih jurusan dengan passing grade yang tinggi secara bersamaan sehingga akan memperkecil kemungkinan kamu untuk lulus di perguruan tinggi yang anda inginkan. Perbanyaklah konsultasi dengan guru pembimbing mengenai jurusan apa yang cocok dengan kemampuan kamu sekaligus mengakomodir minat kamu. Teliti secara serius mengenai serba-serbi jurusan dan perguruan tinggi yang kamu inginkan. Jangan pernah memilih jurusan yang tidak sesuai dengan minat dan kemampuan kamu! Jangan juga memilih jurusan yang tidak kamu ketahui secara benar!

Perbanyak Istirahat dan Jaga Kondisi Tubuh
Perjuangan menuju SNMPTN merupakan perjuangan panjang dan membutuhkan daya tahan fisik dan mental yang kuat. Jangan sampai faktor non-teknis ini menggagalkan kamu pada saat ujian karena bila gagal, kamu harus siap membuang waktu 1 tahun untuk menunggu ujian berikutnya.

Perbanyak Berdoa
Kita sebagai manusia hanya bisa merencanakan namun Tuhanlah yang pada akhirnya tetap menentukan. Serahkan pada-Nya setelah seluruh ikhtiar yang kita lakukan. Percayalah Dia tidak tidur dan tetap melihat usaha yang kamu lakukan.  Persiapkan mental untuk menerima kondisi yang terburuk. Apabila ternyata ujian kamu gagal, terimalah dengan lapang dada. Tuhan tidak ingin memberikan suatu yang bukan terbaik bagi hambaNya. Jadi yakinlah, hasil apapun merupakan hasil yang terbaik buat kamu. Tuhan memiliki banyak rencana dan mungkin suatu saat Ia akan menunjukkan sesuatu yang lebih baik. Jangan putus asa dan tetap semangat. Ingat, kegagalan merupakan keberhasilan yang tertunda.

Mungkin segitu yang bisa saya share di sini. Semoga bermanfaat bagi yang akan menghadapi SNMPTN dan ujian saringan masuk perguruan tinggi lainnya. Terima Kasih. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fakta dan Cerita di Balik Lagu-lagu OASIS

Bandung

Sandwich Generation My Ass