Why I Failed (on Youtube Now)

So, here's my story. Jadi, gara-gara tugas PK kemarin yang banyak melibatkan pembuatan video, ternyata gua malah ketagihan untuk ngutak-ngatik seputar video-editing ini. Ya, masih amatiran sih sambil terus belajar. But hey, learning new things is always full of excitement. 

Jadi, kali ini gua numpang di channel Youtube istri. Akhirnya, channel ini diberdayakan sebagai channel bersama dan gua sempet mikir sayang banget kalau cuma diisi video-video random Fatih atau yang lainnya. Jadi, inilah kami, mencoba memberdayakan channel ini secara lebih rapi dengan membuat konten 'serius' pertama kami yakni Why I Failed Series.

Gua sejujurnya terinspirasi banget dengan kesulitan yang gua hadapin ketika mencari resourceful insight yang bisa gua jadikan acuan/referensi ketika ikutan seleksi rekrutmen karyawan/beasiswa. Kebanyakan dari video yang gua temui berisi success story yang mengulas bagaimana si pemilik video berhasil melewati ujian, lulus seleksi beasiswa and so on so forth. Tetapi, banyak banget yang isinya teramat general dan normatif. Banyak tips yang diberikan cuma seputar kerja keras, sabar, jangan menyerah, dll. Sebagai orang yang akan mengikuti seleksi, gua membutuhkan sesuatu yang lebih teknis. 

Everyone knows how to struggle and fight, really. It's the technical things that matter. 

Gua agak kesulitan meraih cerita detil dari pengalaman-pengalaman yang gua temui di blog/vlog. Padahal menurut gua, these details are fundamental in developing effective strategies. Menurut gua, gua gak bisa menyusun strategi secara optimal, mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan, dan bahkan menyiapkan gaya presentasi yang tepat kalau kita gak punya gambaran detil bagaimana proses wawancara bisa dilakukan. 

Atas dasar itulah gua membuat Why I Failed. Selain coba menyuguhkan gambaran yang lebih detil, gua juga mencoba menyuguhkannya dari sisi yang lain: kegagalan. Kita lupa, inspirasi bukan hanya datang dari success stories. Cerita kegagalan juga menawarkan insight yang jarang terekspos tentang hal-hal yang harus kita hindari dalam proses meminimalisir risiko kegagalan, khususnya dalam seleksi/rekrutmen yang akan kita ikuti.

Nah, di episode perdana Why I Failed series ini, gua akan mengangkat pengalaman gua pribadi terkait gagalnya gua menjadi awardee pada gelaran seleksi Australia Awards Scholarship di tahun 2018.

Tanpa berpanjang lebar lagi, enjoy !

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fakta dan Cerita di Balik Lagu-lagu OASIS

Bandung

Sandwich Generation My Ass