Road to LPDP 2019 - Pembukaan

Sebenernya ini adalah kali kedua saya (mencoba) ikut untuk memenangkan beasiswa LPDP. Secara keseluruhan, ini adalah percobaan keempat saya setelah sebelumnya 3 kali mengalami kegagalan dalam percobaan memenangkan beasiswa pascasarjana. Saya sekali gagal di percobaan LPDP (2017) dan 2 kali gagal di percobaan Australia Awards Scholarship - AAS (2018,2019). Setelah kegagalan terakhir (AAS 2019 - bahkan gak masuk shorlisted candidate untuk Joint Selection Test/Interview), saya mulai mempertimbangkan opsi kuliah jenjang S2 dengan biaya sendiri. Intinya, jenjang pendidikan harus tetap berlanjut apapun caranya. Lalu, Out of despair, I saw this announcement: 





And the journey began...


***

Di tahun 2019 ini, saya dihadapkan oleh satu lagi peluang Beasiswa dikarenakan LPDP membuka 2 batch dan beberapa jalur untuk seleksi beasiswanya. Saya sangat beruntung karena Tahapan seleksi Beasiswa Pendidikan Indonesia LPDP batch 2 2019 baru saja dibuka sebulan setelah saya menerima email notifikasi bahwa aplikasi beasiswa AAS 2019 saya tidak berhasil.

Dan karena jalur beasiswa yang ditawarkan oleh institusi tempat saya bekerja adalah Targeted Group (untuk PNS, TNI, POLRI), maka saya putuskan untuk mendaftar lewat jalur tersebut.

Ada beberapa tahapan seleksi LPDP Targeted 2019 yang harus saya lalui, antara lain sebagai berikut:

1. Administrasi
2. Seleksi Berbasis Komputer (SBK)
3. Wawancara I dan II

Informasi terkait timeline penyelenggaraan seleksi dapat diakses secara mudah di website LPDP dan ini merupakan peningkatan signifikan yang berhasil dicapai oleh LPDP karena seingat saya di tahun 2017, belum ada transparansi sedemikian rupa, khususnya terkait timeline penyelenggaraan seleksi. Dengan adanya timeline ini, para kandidat dapat memperkirakan pada bulan apa penyelenggaraan akan selesai dan memberikan keuntungan untuk mengatur strategi atau menyiapkan plan B apabila seandainya aplikasi LPDP tahun ini tidak berhasil lagi.

Mari kita bahas secara rinci tiap tahapannya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fakta dan Cerita di Balik Lagu-lagu OASIS

Bandung

Sandwich Generation My Ass