A Brief Flashback

Jadi tadi malem masih browsing-browsing ceritanya
pas ngeliat tab FB di browser, iseng-iseng lah kepikiran buat ngeliat timeline
penasaran sebenernya kayak apa sih gua waktu masih awal-awal 20an
dan hasilnya jadi bikin malu sendiri

ternyata dulu gua update status sering banget
ternyata banyak banget kata kasar di status gua
ternyata banyak banget umpatan buat orang lain
sampe-sampe semua kena sasaran kritik,
gak terkecuali Tuhan *istighfar
ternyata semua orang gak ada yang bener, cuma gua doang yang bener
sehari bikin notes motivasi, besoknya bikin status caci maki
ternyata gua tuh suka baca-baca epos revolusi yang anti-pemerintah gitu
dan secara gak langsung berkontribusi 
ngebikin kepribadian gua jadi meletup-letup gitu, jadi pemberontak
parahnya, emang gua dari sononya udah emosian kali ya hahaha
ya makin surem 
dan gua baru nyadar sih
orang-orang di lingkaran gua mungkin mulai jenuh sama perilaku gua
gua nganggep gua cukup dewasa waktu itu, tapi orang lain liatnya beda

tapi kalo gua ngeliat lagi
gak habis-habis rasa malu gua ngeliat diri gua sendiri
konyol, temperamen, narsistik, egois, childish, ngomong kasar
pokoknya sifat-sifat jelek manusia, mungkin ngumpul semua itu
gua kadang mikirnya, mungkin gara-gara ini gua dulu sering ‘ditegur’
parahnya bukannya introspeksi,
malah makin tenggelam dalam kesesatan
sampe nantang-nantang Tuhan segala *istighfar

malu banget liatnya hahaha
tapi, gua yang sekarang bisa ngeliat mungkin ada hikmahnya juga sih

gua cukup beruntung waktu gua gak jelas gitu, 
gua ‘ditegur’ dengan keras sama Allah
gua cukup beruntung waktu orang-orang di sekitar gua mulai jengah
dan satu-satu mulai ninggalin gua 
(which I cannot blame them for doing so, they had rights to leave me all behind and lived their life as I fully deserved to be left),
gua masih disisain keluarga sama Allah
lebih beruntung lagi, gua masih dikasih kesempatan buat tobat
dan berusaha memperbaiki diri, 
belajar caranya nerima kalau kita bahkan gak punya kuasa atas diri kita sendiri
belajar bahwa kita bukan satu-satunya yang lagi ditimpa musibah kok
belajar kalau kita mesti lebih banyak bersyukur dengan keadaan kita
belajar caranya menghormati orang lain
belajar caranya bersabar
sampe sekarang semuanya masih belajar
dan kadang banyak kebodohan masih gua lakukan di umur gua yang sekarang
tapi Alhamdulillah masih dikasih kemampuan buat nyadar kalo itu gak bener
semoga semoga
proses belajarnya gak jadi berhenti di sini
as wise men once told, learning is a long-life process
so, I continue to fulfill my duty to learn everything

gua gak bilang gua yang sekarang udah jauh lebih baik sih
masih aja bikin kesalahan kok
we are only human afterall
tapi coba belajar ngeliat lingkungan kita dengan view yang berbeda

ketika ada yang gak beres dengan kerjaan, mungkin bukan bos gua yang salah
mungkin, sangat mungkin malah, gua sebenernya penyebab kesalahannya

ketika ada orang lain yang nyela gua, ngejek-ngejek gua
mungkin, sangat mungkin malah, Allah lagi negur gua lewat perkataan orang itu

ketika orang lain marah sama gua,
mungkin, sangat mungkin malah, emang gua yang udah kelewatan

ketika orang lain bikin kebodohan-kebodohan
mungkin, sangat mungkin malah, Allah lagi ingatkan gua bahwa sebenernya gua gak lebih baik dari orang itu
aib-aib gua, berkat keMahaPemurahan-Nya, sedang gak dikasih liat

mungkin dengan cara begini, liat-liat timeline dulu
liat-liat betapa memuakkannya gua di masa lalu,
Allah sedang ngajarin apa arti muhasabah yang sebenernya

Dulu ada yang pernah bilang,
Pedang yang tajam itu ditempa dengan panas dan keras

Mungkin, Allah sedang memperlihatkan jalan untuk menjadi pedang 
yang ditempa dengan panasnya teguran atas kebodohan-kenaifan kita
yang ditempa dengan kerasnya cobaan yang kita terima 
semoga, di akhir cerita, kita bener-bener jadi pedangnya


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fakta dan Cerita di Balik Lagu-lagu OASIS

Bandung

Sandwich Generation My Ass