IELTS dan Seisinya (Part II - Habis)


5. Menjelang Hari-H

Sekitar tiga hari menjelang Hari H, gua dapet email dari British Council yang berisi Confirmation Letter. Di Confirmation Letter tersebut gua di-informasikan soal venue test, waktu untuk written test (listening, reading, writing) dan speaking test. Untungnya, gua kebagian written test dan speaking test di hari yang berbeda jadi gua bisa punya waktu khusus buat nyiapin speaking test dan H-1 gua cukup fokusin latian gua untuk hadapin written test-nya. Nice.
Confirmation Letter dari British Council
 Satu hal yang perlu diinget, KTP dan copy berwarna KTP (or passport if you use this document in your registrationharus disiapin. Catet: HARUS. Kalo gak, siap-siap sama resiko ga bisa ikut test dan sedekahin tuh 2,7 juta ke British Council karena ga ada refund.

Di H-3 ini, gua jadi nervous karena gua kepikiran kalo ga dapet score sesuai target gua harus siapin kocek 2,7 jutaan lagi buat ikut test-nya wakakakka (mana lagi boke’). Jadi gua mulai latian mati-matian. Porsi latian written test gua dobelin dengan tetep kasi porsi khusus buat writing. Karena written test gua jatuh di hari Sabtu, jadinya Jumat malem jam 8 gua udah stop semua latian dan berusaha buat tidur (tapi pada kenyataannya gua tetep bisa tidur jam 10).


6. Hari-H

           Di kostan

Pagi-pagi gua bangun. Jam setengah 6 gua baru bangun sih, langsung mandi+Shalat Subuh. Karena registrasi (according to the information) bakal dibuka jam 07.45 Waktu Akmani, makanya gua ga mau ambil resiko telat. Jam 6 gua cus dari kost dan berharap bisa nyetop taksi. Kenapa ga pake motor? Pengalaman gua mengatakan, hotel, especially the ones who have 4 stars above, biasanya ga begitu friendly dengan pengendara motor.

So, I took a taxi. There were no traffic jam and I made it. Early.

      Nyampe Hotel Akmani

Jam setengah 7 gua langsung ke lobby dan udah ada beberapa orang duduk cantik di lobby. Rata-rata pada asik sendiri-sendiri ngereview soal latihan sama materi. Kayaknya cuman gua yang sibuk ngeliatin tamu-tamu hotel dan mbak-mbak resepsionisnya yang manis-manis.

Gua nunggu lumayan lama sih. Orang-orang British Councilnya mulai berdatangan. Lobby mulai penuh sama peserta dan tamu-tamu hotel mulai heran ada apa di hotel tempat mereka nginep itu. Beberapa peserta keukeuh naik ke lantai 2, test venue-nya, tapi terpaksa turun lagi karena ga dikasih masuk sama orang-orang British Council.

Jam 8 lewat dikit mulai deh orang-orang naik ke lantai 2. Lift-lift mulai penuh. Gua nyampe di lantai 2, nervous, mulai ngeliat antrian buat naro tas dan barang-barang peserta. Perasaan, tadi gua ga denger ada announcement deh dari panitia. Tapi, untung gua sigap menangkap tren jadi gua ikut-ikutan ke atas dan voila ternyata udah ada antrian di lorong sempit buat naro tas tadi. Oh iya, yang boleh dibawa ke dalam ruangan Cuma badan ama ID (KTP or passport). Jam tangan? Ga boleh. Pulpen? Ga boleh. Botol minum? Udah disediain di dalam so, ga boleh dibawa masuk.

Menurut pengamatan gua, peserta tes cukup beragam sih. Kebanyakan dari Indo memang, tapi ga sedikit orang asing yang ikutan test. Kebanyakan dari peserta yang gua liat, rata-rata ngambil General Module. Yang menarik nih, security bener-bener diperhatiin sama panitia. Gua baru ngerasain waktu kacamata gua disuruh lepas buat dicek. Dikira google glass kali ya. Wakakakakak.

Oke, setelah ngantri buat ID verification sama dapetin nomor peserta, kita disuruh ambil foto yang kayaknya bakal dipasang di Result Form nanti. Abis difoto, melengganglah kita ke ruangan dan duduk berdasarkan urutan nomor peserta yang dipampang di pintu masuk ruangan tadi.

      Pas Test

Pas masuk, sambil nunggu peserta lain masuk, kita semua yang ada di dalam diam. Udah kayak kuburan asli tuh ruangan. Di meja ada 2 pensil (no pens allowed during the first two tests), botol air mineral transparan, sama semacam kartu peserta. Oiya kartu peserta di meja itu ga boleh ditinggal dan jangan lupa dibawa pas registrasi tes speaking. Kurang lebih jam 9 test dimulai. Lembar jawaban dibagiin.

Semacam Kartu Peserta di atas meja
First testListening test40 questions. No Headset/earphone. 40 minutes. 30 minutes was allocated for the actual test. The rest 10 minutes was used for transferring the answers from your question booklet to your answer sheet. According to my observation, the question was slightly easier (except for the third part which I found very difficult) than what I had learned from the Cambridge book.

Second test: Reading test. 40 questions. 4 passages. About 60 minutes was allocated to finish this section. The difficulty level was a little bit more difficult compared to what I found in Barron’s. Luckily, it was not as difficult as Cambridge book.

Third test: Writing test. 60 minutes. 2 parts. Be advised that you should use the first 20 minute for writing your first part and use the rest 40 minute to complete you second part.

       After Test

Setelah test, kita mulai keluar dari ruangan secara teratur. Kita diwajibin buat bawa kartu peserta yang ada di meja tadi. I left the venue when some native interviewers were preparing their turn to begin the speaking test.

Gua mulai latihan begitu nyampe kost dan tidur jam 9 malem karena saking capeknya.

7. Hari-H (Jilid 2)

a.      Di kostan

Belajar dari pengalaman hari sebelumnya di mana gua kecepetan, jadi gua baru mandi jam 6 pagi dan baru ninggalin kost jam 7 pagi.

I took a taxi and off to Office 8. EarlyAgain.

      Nyampe Office 8

Gua nyampe jam setengah 8. Jadwal gua jam 9 tapi gua harus udah report jam setengah 9. So, gua mulai masuk ke dalem dengan diliatin beberapa satpam yang lagi apel sambil ngasih tatapan who-the-f**k-is-this-guy-and-what-the-f**k-is-he-doing-here.

Gua masuk dan bilang ke satpam gua mau ke British Council. Satpamnya bilang belom ada satu pun orang British Council yang udah nongol sepagi itu. Ya, udah gua mutusin nunggu di lobby but wait..where is the sofa? Gua balik ke satpam dan nanya di mana gua bisa nunggu. Guess what? according to that security guy, there is no sofa, not even a chair provided there. It ruined my mood instantly.

Yaudah gua puterin itu gedung nyari kursi atau starbucks atau apalah biar bisa nunggu sambil duduk and I found nothing. Gua baru nyadar gua udah nyampe di perbatasan office building sama residence 8. Jir, gua baru sekali ini, ngeliat orang-orang kelas atas lalu lalang masuk ke residence8 and  that was the first time I saw a f**kin lambo parked not very far from the place where I stood.

Back to the topic, singkat cerita udah jam 8 nih. Karena udah bentol-bentol digigitin nyamuk sambil berdiri karena keringet gua udah mulai deres (AC gedungnya ga nyala coba), gua masuk dan jalan lagi ke lobby dan ketemu sama satpam tadi. Gua bilang gua mau naik ke lantai 9 aja (British Council di lantai 9) buat nunggu. Satpam trus minta gua ninggalin ID buat dituker sama access card. Gua taro SIM karena gua pikir nih KTP pasti nanti kepake di atas.

Anddd...touchdown, 9th floor. Gelap. Lampu ga ada yang nyala. Gua jalan ke arah unit British Council trus gua liat ke kiri, dan hampir kaget gua, ternyata ada bapak-bapak jongkok. Gua kira itu demit ato cs ato ob (sori pak hehehehe). Gua mau cuci muka, wc-nya juga ga nyala cing lampunya. Yaudah gua nunggu di lorong sama tuh bapak yang ternyata peserta juga sambil ngobrol2.

Jam 9 lebih dikit baru keliatan ada orang British Council nongol. Ok, fix ini ngaret (dalem ati gua). Terus peserta-peserta lain mulai dateng tapi kita semua masih belom dibolehin masuk. Sekitar jam 09.15 Waktu Office 8, nama gua dipanggil sama satu orang peserta lain untuk masuk dan naro barang-barang yang udah disediain. Abis verifikasi ID dan fingerprint,  kita nunggu lagi. Sambil nunggu gua ngobrol sama peserta tersebut.

Ga lama, nama gua dipanggil, dan interviewer gua udah nunggu sambil senyum (gua ngeliatnya kok kayak senyum dibuat-buat gitu ya..hehehe..piss mbak interviewer). Dan interviewer gua bukan seorang native seperti yang diceritain blog-blog terdahulu waktu gua persiapan. Interviewer gua orang Indo tapi dengan kemampuan speaking tingkat kahyangan layaknya seorang nativeWhat’s the difference anywayI started to get intimidated already.

      Pas Test

Pertama, Introduction. Gua ditanya tentang hobi sama kegiatan waktu luang. Gua bener-bener nervous dan masih semacam jetlag untuk convert dari Indonesian atmosphere to UK atmosphere (at least). Gua ngerasa gua ga begitu bagus ngasih respon tapi yang gua inget pronunciation gua lumayan lah dan gua bener-bener usahain ga ada jeda (errr.., mmm...,etc.). Pokoknya gua ngomong cas cis cus ga peduli grammar. Ya peduli juga sih, tapi daripada dikira gak fluent mending gua hajar bleh aja.

Kedua, apa ya ini namanya, Cue Card kalo ga salah. Jadi kita dikasih semacam kartu gitu yang isinya pertanyaan biasanya berisi What, Why, When, Where gitu. Kita dikasih satu menit buat persiapan nulis kerangka jawaban di kertas yang udah disediain dan dua menit buat bicara. Pas nyampe waktu gua bicara, apa karena gua orang eksak kali ya, ya gua jawab sesuai poin-poin yang ada di Cue Card tadi. Gua jawab semua pertanyaannya secara tegas dan simpel (wakakakak). Pas gua bilang: I think that’s all from meinterviewer-nya ngernyitin dahinya trus nge-replyAre you sure?. Dan gua langsung jiper ngoceh kayak orang baca ayat kursi pas liat setan. Berantakan. This was the worst part of the speaking test that day.

Ketiga, Discussion. Nah jadi di sini kita mulai diskusi dua arah dengan interviewernya mengenai argumen kita di part kedua tadi. Di sini gua rasa strong point gua. Gua mulai cair dengan keadaan dan bisa ngehandle diri gua buat ngasi respon sesuai pertanyaan interviewernya dan begitu gua liat dia senyum-senyum excited (kayaknya, apa gua kegeeran ya, wakakaka), semangat gua muncul lagi dari yang tadinya sempet down di part dua walaupun grammar gua tetep beberapa gak akurat ya. Tapi, overall, gua paling puas sama performa gua di bagian ini.

FYI, kondisi interviewer beda-beda ya untuk tiap-tiap peserta. Bisa jadi ada yang hoki dapat yang ramah banget, atau yang sedang-sedang aja kayak gua, atau malah yang rude sekalian. Saran gua, prepare for the worst aja dan fokus sama jawaban kalian. Galaknya interviewer ga berbanding lurus dengan potensi rendahnya nilai speaking karena penilaian, menurut gua, dilakukan dengan cukup objektif apalagi respon speaking kita direkam untuk di-review sama assessor IELTSnya.

       After Test

Test-nya cuman berjalan sekitar 15 menitan, tapi gua ngerasa kayak baru 5 menit di dalem ruangan. Abis itu, gua langsung ambil barang-barang gua plus KTP gua, turun ke lobby, ambil SIM gua, dan naik taksi menuju kostan. Mission accomplished.

8. Result Day!

Setelah menjalani lika-liku IELTS, hasilnya akan keluar sekitar 13 hari kalender sejak tanggal tes kita. Kalo kita udah isi postal address kita waktu registrasi secara bener, maka hasilnya akan dikirim sesuai postal address kita tersebut. Kalau kita mau ambil sendiri ke Office 8, kantor British Councilnya, kita harus kontak mereka via exams@britishcouncil.or.id.

Result Day. Gua udah deg-degan sebenernya dari sehari sebelum Result Day. Kebayang kalo gua mesti ngulang dan infak lagi sama British Council. Secara default, mereka menginformasikan hasilnya akan diposting secara online jam 15.00 WIB. Tapi ya gua gitu, orangnya penasaran, gua langsung akses ke https://ielts.britishcouncil.org/checkresults.aspx. Dan Alhamdulillah, hasilnya di atas ekspektasi gua.


Result via web
Secara refleks, gua pengen ngambil langsung nih. Gua ga pengen kejadian kayak TOEFL result yang belom nongol juga ampe sekarang padahal gua test dari 3 bulan sebelumnya. Gua kirim email ke British Council sekitar jam 10an pagi (sebelum jumatan) buat nanya gimana prosedur ngambil TRF (Test Result Form) –nya. Baru gua klik tombol send, eh satpam kantor dateng nyamperin ke meja gua sambil bawa amplop dengan logo British Council. Ya, langsung gua buka lah dan voila....TRF gua secara resmi udah sampe. Alhamdulillah. Dan, gua terpaksa ngirim email lagi ke British Council buat ngasi tau TRFnya udah sampe dan gua ga jadi ngambil langsung. Alhamdulillah.


TRF
So, that’s all guys. Itulah sekelumit pengalaman gua dalam menjalani lika-liku per-IELTS-an ini. Mohon jangan dilihat sebagai pamer atau semacamnya karena niat gua murni buat share aja sekaligus menuhin nazar gua buat ngasih info sedetil mungkin. Gua juga pernah ngerasain soalnya ngumpulin info yang bercecer dari satu blog ke blog yang lain termasuk permasalahan administrasi dan tetek bengeknya. Semoga bisa diambil manfaatnya dan buat yang bakal ngambil IELTS dalam waktu dekat, good luck, semoga mendapatkan hasil terbaik yang jadi targetnya. Aamiin.



Disclaimer:

Sertifikat IELTS berlaku selama 2 tahun ya guys. Postingan soal metode latihan mungkin bisa berbeda-beda tergantung pendekatan masing-masing. Kalo cocok, silakan diadopsi, kalo gak, monggo temukan model persiapan yang paling cocok masing-masing. Oh iya bahasanya campur-campur bukan berarti pamer ya, ini sekalian latian juga hehehe sambil buka google translate kok. Hehehehe. Mohon maaf kalo ada grammar yang meleset. Anyway, Good luck!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fakta dan Cerita di Balik Lagu-lagu OASIS

Bandung

Sandwich Generation My Ass