2013 Personal Projects

Setelah melewati hampir setengah tahun menjadi test engineer di kantor saya,
saya hampir tidak pernah menyentuh bahasa-bahasa pemrograman tingkat tinggi
seperti Java, PHP, dan C#.
Di kantor, saya lebih banyak bermain-main dengan bit-bit heksadesimal yang bagi saya
adalah sesuatu yang menjemukan.
Ada perasaan rindu untuk kembali menjadi developer seutuhnya
Dan perasaan rindu itu yang pada akhirnya membawa isi kepala saya
masuk ke alam fantasi secara liar, menelurkan ide-ide besar.
Tapi, seperti biasa, saya mahir dalam mendesain perencanaan tapi lemah dalam eksekusi
kelemahan yang disokong penuh oleh rasa malas dan enggan yang kuat
hati telah berkeras untuk kembali ngoding,
tapi tangan dan tubuh selalu tergoda untuk membuka counter-strike icon
dan mimpi-mimpi itu pun kembali tertunda.
Lucunya, saya malah blogging di sini dimana seharusnya saya mulai memainkan jari-jari saya
menerjemahkan ide ke dalam bentuk algoritma

Well, personal project ini akan saya targetkan rilis di bulan Agustus pada hari lahir saya.
The Comeback Project ini saya dedikasikan untuk Adik saya yang duduk di kelas 5 SD
dia akan menghadapi ujian nasionalnya tahun depan
dan saya akan membuat semacam software simulasi ujian nasional.
ExSim (Examination Simulator) versi 1.0.0 akan segera rilis alpha (seharusnya) pada Agustus 2013 ini.

Setelah itu, personal project berikutnya masih berhubungan dengan topik riset Tugas Akhir saya:
Keyword Extraction dengan CRF model.
Pertama-tama, saya masih mengikuti metode CRF yang saya gunakan pada Tugas Akhir saya
dan projek ini hanya akan menjadi translasi dari sebuah aplikasi simulasi Matlab
menjadi sebuah aplikasi Keyword Extractor dengan menggunakan C# sebagai platform.
Ke depan, saya ingin ada improvement pada metode ini -mungkin akan jadi topik riset tesis apabila saya mengambil program pascasarjana nanti-

Sebagai pemanasan sebelum memulai project di atas, saya akan membuat sebuah tools stopwords removal.
Pengalaman saya dalam mendevelop preprocessor untuk kebutuhan stopwords removal pada pengerjaan Tugas Akhir lalu, cukup menguras waktu.
So, tools ini nantinya saya harap akan berguna bagi siapapun yang mengerjakan topik riset yang membutuhkan stopwords removal sebagai preprocessing awal.

Kabar baiknya, hanya kedua project di atas yang akan saya kerjakan di 2013 dikarenakan saya juga mesti bekerja di kantor.
Dengan demikian, kedua project di atas hanyalah sebagai side project.
Tapi, ketika kedua project tersebut kelar dan sudah dalam stable version akan saya rilis secara gratis.
So, berdoalah supaya rasa malas tidak sering-sering datang bertamu.


Anyway, thanks for reading this not-so-important-stuffs.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fakta dan Cerita di Balik Lagu-lagu OASIS

Bandung

Sandwich Generation My Ass