FlashBack 19 Desember 2011

Informal Posting warned

Besok genap setaun gw sidang TA.
Lucu juga soalnya ga kerasa udah setaun aja.
Gw masih inget betapa paniknya gw jelang H-2.
Kebetulan gw kebagian sidang pas hari selasa.
Dua minggu sebelumnya daftar nama penguji udah keluar dan gw ngecek satu-satu kode dosen
dari dosen-dosen penguji gw.
Aman. Ga ada kode dosen penguji killer yang udah tersohor di fakultas gw.
Aman.
Tapi ga aman juga waktu gw ngeliat kode dosen penguji ke-3 gw.
Yes. Dosen baru, setaun di atas gw, masih muda dan masih idealis.
Gw pikir nih dosen yang bakal ngerepotin entar.

Oke langkah pertama gw, gw survey sama orang-orang
baik yang udah pernah diuji sidang ama dia, maupun yang pernah diuji seminar sama dia
dari hasil survey kecil-kecilan gw, ini dosen emang kritis rupanya.
Oke, jadi gw udah tau peta kekuatan 'musuh' gw

Sekitar H-13 gw galang dukungan dari temen-temen
kalo diinget-inget gw udah kayak SPG event-event musik gitu.
nawarin buat dateng ke sidang gw.
beberapa temen deket kayak si Ijul, Janu, Nagib, Mudrik, Dewo, Dimas udah standby bakal nonton.
Oke, sip. Supporter udah ada tinggal persiapan di gw.

Selama menjelang hari H, paper-paper yang berkaitan sama Markov Model
udah jadi kayak kitab suci kedua.
rutinitas yang lain adalah nelpon nyokap gw secara berkala.
saking seringnya, konon menurut pengakuan nyokap gw, dia juga jadi ikutan stress
mikirin nih anak sulungnya bakalan lulus gak.

H-2,
Gw masih nyiapin referensi-referensi buat tameng kalo ada pertanyaan dari tim penguji
gak lupa gw ngetest program yang udah gw buat dengan detil
supaya gak ada bug yang berpotensi mengacaukan jalannya sidang nanti.


H-1
Gw makin ga tenang,
frekuensi nelpon nyokap gw juga meningkat jadi tiap abis shalat.
Nyokap gw nyoba nenangin, tapi gw tau dia juga deg-degan

Hari H.
Kebetulan gw sidang jam 2 siang,
pagi seperti biasa, gw sok bertingkah seolah-olah hari itu ga ada apa2
pagi-pagi gw ngeprint contekan di Photocopy langganan gw di PGA,
sambil nyambi beli bubur ayam.
Pas balik ke kostan, eh ketemu si Dziky yang udah selesai wisuda
gw tarik Dziky buat konsultasi sidang ama dia berhubung pengujinya juga ada yang sama ama gw.

gak sadar entah kenapa cuaca jadi dingin banget
atau emang gw yg udah kelewat nervous
gw idupin lagu-lagu pembakar semangat dari Coldplay:
Every Teardrop is Waterfall ama Viva La Vida.
Sip.

Jam 1 gw mulai siap-siap, pake jas almamater, mulai siapin motor
masih nyanyi-nyanyi sendiri lagu Viva La Vida buat ngusir nervous.
Nyampe di kampus, ternyata ruangan gw dipindah, tapi gw ga dikasi tau.
Gw sms pembimbing gw, ga ada balesan,
Gw sms penguji 1 gw, eh beliau dateng,
tinggal pembimbing gw sama penguji lain ga nongol2.
Penguji 1 gw udah cengengesan sambil ngomong ke gw: "Reschedule aja dah sidangnya"
Dalam hati gw cuma bisa ngomong: Enak aja,
abis bergumam gitu muncullah pembimbing gw dari dalem dan gw aga tenang
rupanya ruangan gw dipindah,
tapi problemnya penguji 3 belum muncul juga. gw udah seneng
karena sesuai prosedur sidang, 2 penguji udah cukup, which is secara teknis 'musuh' gw berkurang satu

Oke, sidang dimulai
gw presentasi
sialnya temen gw ga ada satupun yang nongol.
Demi menutupi grogi gw, gw presentasi kayak dikejar kuntilanak cipularang.
Pembimbing gw aja cuma bisa senyum-senyum iba.

Dan saudara-saudara, penguji terakhir itu datang juga
sialnya, begitu masuk sesi tanya jawab.
penguji ini ibarat pemberi umpan yang akan disantap oleh dua penguji lain.
pertanyaan-pertanyaannya itu menggugah hati gw untuk secara kilat menekan Alt+Tab
buat switch TA-Slide-Program-Paper Referensi.
dan pertanyaannya pun bersifat matematis,
tapi untung gw udah ngantisipasi ini dengan referensi-referensi matematis juga
saking niatnya gw bahkan udah nyiapin turunan-turunan rumus matematis yang gw pake
Berbekal memori indah gw bersama kuliah Probstat (Probabilitas Statistika) dulu.

Singkat cerita sidang pun usai,
pembimbing gw nyuruh gw keluar buat nunggu hasilnya
pas gw keluar, ternyata di ruangan sebelah rupanya baru selesai sidang
dan mahasiswi sebelah sama temen-temennya lagi ngerayain lulusnya sang mahasiswi tsb
gw yang lagi deg-degan malah diminta potoin tuh orang-orang
bikin gw kekilah,
baru mereka nyadar kalo gw lagi nunggu hasil, soalnya jas almamater belum gw lepas.
sambil cengengesan prihatin gitu ngeliat gw.
Untung ibu pembimbing gw manggil, dan dengan cengengesan pula.
kenapa orang-orang hari ini pada cengengesan? pikir gw waktu itu.

Hasilnya saudara-saudara, berhasil: Lulus bersyarat dengan nilai A.
Lulus tapi harus ngumpulin revisi dulu. untungnya revisinya gak ribet.

Hal pertama yang gw lakuin adalah nelpon nyokap
situasi bertambah dramatis karena hujan rintik-rintik mulai turun
nyokap gw yang gak enak hati seharian karena deg-degan nungguin hasil sidang anaknya
akhirnya bilang hamdalah di telpon sambil suaranya kedengeran banget bergetar.
pas gw tambahin gw dapet nilai A, nyokap gw nangis.
Itulah momen paling membahagiakan dan melegakan sejauh ini dalam hidup gw.

Malemnya, gw pergi ke Gramedia dengan perasaan plong.
Gw bisa beli buku, baca buku semaleman, karena besoknya ga ada lagi TA, ga ada lagi kuliah.

Pengalaman yang bisa gw ceritain nantinya ke anak cucu gw soal pentingnya peranan nyokap gw di saat-saat ga jelas kayak gitu.

That's all for today.

Au Revoir


Riki Akbar

Additional notes :

Untuk dia,
 saya masih cinta dia.
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fakta dan Cerita di Balik Lagu-lagu OASIS

Bandung

Sandwich Generation My Ass