Banci Kontes

Kayaknya cuma kampus saya aja yang ribet
Mahasiswa+dosennya sama2 ribet
Ribet sama satu event : Imagine Cup

Bukan saya tidak mendukung teman2 yang membawa nama kampus
Saya tidak ada masalah dengan mereka
Tapi saya rasa saya cukup terganggu dengan beberapa postingan
Dari salah satu kelompok yang langganan mengirimkan anggotanya ke event itu

Seolah-olah Imagine Cup adalah kompetisi Dewa
Pertaruhan martabat dan prestise, ajang pertunjukkan skill dan intelektualitas
yang menurut saya gak penting2 amat

Yang saya sayangkan bukan eventnya
Tapi orang-orang yang seolah-olah memposisikan Imagine Cup adalah segalanya
Sehingga seolah-olah prestasi hanya bisa diraih melalui Imagine Cup

Biarkanlah orang memilih masing-masing jalannya
Benang merahnya: lakukan yang terbaik sesuai jalan yang kita pilih
Ada yang suka ngehack, suka ngoprek2 jaringan dan komponen PC
Ya lakukan yang terbaik
Jangan ngerusuhin orang yang suka coding dengan mengatakan coding itu ribet, gak penting, dsb

Begitu juga yang suka coding
Ya lakukan yang terbaik
Jangan ngerusuhin orang yang suka jaringan dan sistem komputer dengan cara mengatakan
Belajar jaringan itu gak penting, kegampangan, dsb.

So, jangan seolah-olah menjadikan mahasiswa2 yang gak ikutan Imagine Cup itu adalah mahasiswa tanpa prestasi
Karena boleh jadi mahasiswa2 seperti ini memiliki prestasi yang lebih, namun tidak terlihat
Dan yang lucu lagi, Imagine Cup (menurut saya) sekarang telah menjadi ajang para eksibisionis
Tiap ketemu di kantin, dengan semangat mengatakan : ayo ikutan Imagine Cup
Pas ditanyain mau bikin apa: bingung, yang penting ikutan dulu, cari pengalaman


Pertanyaan saya: cari pengalaman atau sekedar gaya-gayaan?


Saya tidak tertarik ikutan kompetisi seperti itu karena memang
Saya tidak memiliki passion dan kemampuan untuk ikutan kompetisi seperti itu
Tapi saya tetap menghormati mereka yang ikutan kompetisi seperti itu
Dengan catatan, bukan karena ikut-ikutan dan prestise semata

Abang sepupu saya adalah alumni IF STT Telkom tahun '93
Abang sepupu saya memegang beberapa paten atas karya yang dia develop sendiri
Abang sepupu saya bekerja sama dan berkarya bersama satu-satunya dosen IF yang memegang gelar doktoral di STT Telkom
Tapi dia tidak pernah ikut kompetisi seperti itu
Dan dia tidak tertarik
Tapi begitu dia mengerjakan apa yang menjadi passion-nya
Hasil yang dihasilkan maksimal

So, setiap orang memiliki jalannya masing2...dan tiap orang berkewajiban menghormati jalan yang dipilih oleh orang lain

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fakta dan Cerita di Balik Lagu-lagu OASIS

Bandung

Sandwich Generation My Ass