Cerita Minggu Ini

akhirnya ngeblog lagi euy
ga kerasa udah 1 mingguan lebih nih blog dianggurin
maklum, nasib mahasiswa angkatan tua ya gini deh
ngurusin tugas-tugas, lebih penting lagi, minggu kemarin
deg-degan menghadapi seminar
tapi akhirnya, syukur, lolos juga judul saya

so, saya mulai gerilya nyicil TA sedikit-sedikit
dimulai dari revisi proposal yang bejibun
trus nyari tools preprocessing yang pas untuk TA
sekedar info, TA saya tentang automatic keyword extraction pada dokumen berbahasa Indonesia
so, yang sulit adalah nyari tools stopwords-removal khusus Bahasa Indonesia
dan sejauh ini belum nemu juga

tapi akhirnya ketemu salah satu blog yang bagus banget
blognya Pak Alfan Farizki di sini
beliau salah satu anak bangsa yang lagi menempuh pendidikan di Korea sono.
dan minatnya sih kalau dilihat dari postingannya memang berkaitan sama
Information Retrieval, Natural Language Processing, Grammar
which is fit my topic

Jadi saya tertarik dengan salah satu tools buatan Pak Alfan
yakni IPostagger v1-beta
tools ini fungsinya buat melakukan proses Part of Speech Tagging
yang cukup deket sama topik TA saya
beliau menggunakan Hidden Markov Model sebagai landasannya.
Meskipun dokumentasinya masih sedikit, ya tapi gak apalah, daripada gak ada sama sekali.

Thanks berat buat Pak Alfan yang sudah respon email saya dengan sangat-sangat ramah
jadi lumayan terbantu buat revisi proposal.
Oh iya seandainya ada yang memang punya tools preprocessing stopwords untuk Bahasa Indonesia yang gratisan, boleh saya dikasih tau ya... bisa via email aja ke : riki_akbar@rocketmail.com

Dan karena project di Rakun semakin menumpuk
ya mari kita fokuskan untuk menyelesaikan projek sebanyak-banyaknya
supaya bonus bulan depan lebih 'wah' (kejar setoran mode)

Yah, mungkin segitu dulu postingan tak bermakna
ya sekedar ngisi-ngisi blog yang udah usang berdebu dibiarin seminggu gini.
semoga minggu depan lebih berwarna,
minggu depan saya ada rencana ketemu kawan-kawan lama juga.
ya, semoga terwujud, udah lama gak ketemu mereka juga soalnya
mumpung masih ada waktu...hehe...

okelah
makasih udah buang-buang waktu baca postingan ini
(kalo ada yang baca)


Riki Akbar

Ujung pekan, Awal Mei 2011


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fakta dan Cerita di Balik Lagu-lagu OASIS

Bandung

Sandwich Generation My Ass