Soal Olimpiade Matematika I

Entah kenapa, tiba-tiba saya rindu dengan matematika SMA. Sambil mengenang-ngenang masa-masa labil waktu SMA dulu, saya teringat banyak memori menyangkut matematika. Betapa saya berhasil memecahkan satu soal olimpiade dalam waktu 3 bulan. Tapi begitu memecahkannya ada rasa bahagia luar biasa tak terkira. Hehehehe...Itulah yang tidak pernah orang-orang mengerti bagaimana rasanya memecahkan suatu soal matematika dengan ide dan pemikiran  kita sendiri.
Nah, mumpung saya sedang kangen sama matematika, saya bakal mengupload beberapa soal matematika di sini. Soal-soal ini bukan sembarang soal karena soal-soal ini merupakan soal seleksi Olimpiade Matematika berbagai tingkat. Saya harap soal ini bermanfaat bagi adik-adik yang akan berkutat dengan Olimpiade Matematika SMA. Untuk solusi yang saya dapatkan, akan saya posting menyusul. Enjoy Your Math! :p

Beberapa contoh Soal Olimpiade Matematika:

1. Seratus siswa di suatu provinsi di Pulau Jawa mengikuti seleksi tingkat provinsi  dan skor rata-rata adalah 100. Banyaknya siswa kelas II yang mengikuti seleksi tersebut 50% lebih banyak dari siswa kelas III, dan skor rata-rata siswa kelas III 50% lebih tinggi daripada skor rata-rata siswa kelas II. Skor rata-rata siswa kelas III adalah...
2. Diberikan segitiga ABC dengan sisi-sisi a,b,c. Nilai a^2+b^2+c^2 sama dengan 16 kali Luas segitiga ABC. Berapakah cot A+ cot B+ cot C? (Ket: ^ adalah tanda pangkat, cot merupakan cotangen)

3.  (2^2010+2^2008)/(2^2007-2^2005)=...
4.













UPDATE! UPDATE!

Untuk Solusi Soal Olimpiade Matematika I A la Saya :p udah saya posting di Blog ini. Karena satu dan lain hal, saya tidak bisa menulis gamblang di blog ini karena ada beberapa fitur equation yang tidak disupport oleh Blogger. So, kalo anda tertarik untuk mencari tahu solusi ala saya dan mendiskusikannya, silakan lihat posting ini.

OK, Feel free to share. I hope you enjoy your Math as I always enjoy it.

Thanks

Riki Akbar

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fakta dan Cerita di Balik Lagu-lagu OASIS

Bandung

Sandwich Generation My Ass